Cek Hardisk dengan HD Tune Pro v5.00




Tidak dapat dipungkiri hardisk merupakan komponen yang sangat vital pada komputer. Baik atau buruknya kinerja hardisk akan sangat mempengaruhi performance komputer secara keseluruhan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita melakukan proses pengecekan harddisk dengan menggunakan HD Tune Pro v5.00, karena dengan mengetahui performa sebuah harddisk, maka kita bisa memutuskan untuk melakukan tindakan selanjutnya, apakah ingin terus menggunakan hardisk tersebut atau menggantinya dengan yang baru. Beberapa fitur dari HD Tune Pro v5.00 adalah benchmark penulisan HD, penghapusan data secara permanen dan aman, setting AAM, preview penggunaan HD, memonitor harddisk, dan melakukan bencmark pada file yang ada didalam harddisk.
Pada Software HD Tune ini terdapat beberapa menu utama tetapi yang sering saya gunakan untuk memeriksa kondisi hardisk, yaitu :





















  
1.        Benchmark Hardisk
Benchmark hardisk bertujuan untuk mengukur kinerja hardisk . Dalam menu benchmark ini kita dapat mengetahui transfer rate, acces time, burst rate dan CPU Usage. Untuk memulai mem-benchmark hardisk, klik tab Benchmark dan klik Start, tampilannya kurang lebih seperti berikut dibawah ini :

 









  • Transfer Rate adalah kecepatan hardisk mengirimkan data ke komputer atau bisa juga disebut sebagai kecepatan baca hardisk. Kecepatan baca diukur dalam megabyte per detik (MB / detik). Kecepatan  maksimum dan minimum rata-rata ditampilkan di sebelah kanan. Garis biru pada grafik menunjukkan kinerja membaca seluruh disk.
  • Acces Time, yaitu waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan, dari keadaan idle (diam) hingga mendapatkan data tersebut. Waktu akses rata-rata diukur dan ditampilkan dalam milisecon (ms). Acces Time pada grafik ditampilkan sebagai titik-titik kuning dimana semakin kecil nilainya menunjukkan kinerja hardisk yang semakin baik.
  • Burst Rate, adalah kecepatan tertinggi (dalam megabyte per detik) di mana data dapat ditransfer dari interface drive (misalnya IDE, SATA atau SCSI) ke Sistem Operasi.
  • CPU Usage, menunjukan berapa banyak waktu yang dipakai oleh CPU (dalam %) untuk membaca data dari hardisk.
2.        Info
Untuk mengetahui informasi detail dari hardisk dapat kita lihat pada tab Info. Beberapa informasi seperti partisi pada hard disk, firmware version, nomor seri, kapasitas hardisk dan lain sebagainya dapat kita peroleh seperti pada gambar dibawah.


3.        Health
Kondisi kesehatan hardisk dapat kita ketahui pada tab Health.  Fungsi ini memanfaatkan fitur SMART (Self Monitoring  Analisis and Reporting  Teknologi) . Contoh status kesehatan hardisk dapat dilihat pada gambar dibawah.


4.        Mengecek adanya Error pada Hardisk
Error Hardisk HD Tune ini dapat melakukan Scandisk untuk memeriksa terdapat tidaknya error atau bad sector pada hardisk. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal jalankan Error Scan dengan meng-uncheck opsi quick scan. Apabila terdapat error atau bad sector pada permukaan disk, akan ditandai dengan adanya blok berwarna merah seperti pada gambar dibawah.

Cukup lengkap fitur yang dimiliki oleh HD Tune Pro v5.00. Jika anda ingin mencobanya, silahkan Download. Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua, terima kasih. baca juga Cara repair hardisk yang badsectors.


Responses

0 Respones to "Cek Hardisk dengan HD Tune Pro v5.00"

Posting Komentar

Pepen

 

Followers

Blog Top Sites

Free Money

 
Return to top of page Copyright © 2012 | See Me Converted into Blogger Template by Pepen