Seimbangkan karir dan kehidupan dengan 6 cara ini



Tak terasa banyak di antara kita yang bekerja melampaui jadwal. Saking semangatnya bekerja, waktu untuk diri sendiri ikut berkurang. Padahal tubuh dan pikiran Anda membutuhkan ruang untuk bersantai agar rileks. Bekerja adalah hal penting, begitu juga kehidupan pribadi kita. Namun, untuk menyeimbangkan dua hal ini masih dirasa sulit. Berikut lima cara mudah menyeimbangkan karir dan kehidupan pribadi, dilansir allwomentalk (22/3).

1. Menulis kegiatan
Pertama, buatlah catatan tentang segala sesuatu yang Anda lakukan. Setelah itu coba Anda periksa semua kegiatan yang sudah Anda catat. Dari sana Anda akan tahu apakah ANda lebih banyak bekerja atau bersantai. Prioritaskan kegiatan yang paling penting dan ubah aktivitas yang tidak penting namun menyita waktu Anda.

2. Evaluasi
Lakukan evaluasi pekerjaan Anda. Apakah selama ini kinerja Anda sudah maksimal? Jika banyak ditemukan hal yang membuat Anda tidak berkembang bisa jadi Anda kurang nyaman dengan pekerjaan tersebut. Daripada melakukan kegiatan yang tidak nyaman lebih baik cari hal lain yang sesuai minat Anda. Anda akan bekerja dengan hati yang senang tanpa rasa beban.

3. Kesehatan
Selama ini apakah Anda mempunyai waktu yang cukup untuk berolahraga dan beristirahat? Jika belum, berarti Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda. Luangkan waktu yang cukup untuk olahraga dan istirahat. Anda tidak akan bekerja dengan maksimal jika tubuh tidak sehat.

4. Ubah rutinitas
Jika selama ini Anda sering tidur larut dan bangun lebih siang, ubah kebiasaan tersebut. Cobalah untuk tidur dan bangun lebih awal. Selain membuat tubuh dan pikiran lebih segar, Anda mempunyai waktu lebih banyak untuk mempersiapkan segalanya. Anda bisa berolahraga di pagi hari, memasak, menonton televisi atau bermain dengan anak. Baru setelah itu Anda berangkat bekerja.

5. Kelola jadwal dengan baik
Selama enam atau tujuh hari Anda disibukkan oleh kerjaan. Tentukan jadwal Anda untuk bersenang-senang. Weekend adalah waktu di mana Anda bisa melakukan kegiatan pribadi. Maka gunakan waktu tersebut sebaik mungkin. Anda juga bisa menikmati kehidupan, misalnya setelah pulang kerja menonton film kesayangan atau makan malam romantis dengan pasangan.

6. Jangan bawa pekerjaan ke rumah
Anda sudah sampai di rumah, tapi Anda masih membalas email kantor, memeriksa jadwal kegiatan, mempersiapkan dokumen atau mengerjakan pekerjaan yang tertinggal. Hal ini akan mengganggu kehidupan pribadi Anda. Selesaikan segala urusan pekerjaan di kantor, jangan pernah membawanya ke rumah. Jika memang kepepet, luangkan waktu satu hingga dua jam. Jangan sampai rumah menjadi kantor kedua Anda. Anda memerlukan waktu untuk bersantai bukan?

Anda bisa bekerja dengan baik jika tubuh dan pikiran dalam kondisi yang fit. Maka dari itu, seimbangkan antara karir dan kehidupan pribadi, karena keduanya saling mendukung.

Source : www.merdeka.com


Responses

0 Respones to "Seimbangkan karir dan kehidupan dengan 6 cara ini"

Posting Komentar

Pepen

 

Followers

Blog Top Sites

Free Money

 
Return to top of page Copyright © 2012 | See Me Converted into Blogger Template by Pepen